POLTEKAD KODIKLATAD
JURUSAN TELEKOMUNIKASI
MEMBUAT SKEMA PATROLI
MENGGUNAKAN DELPHI XE 8
Disusun Oleh :
Sertu
Mohamad Andryan Prabowo NIM
202308023-E
PROGRAM
STUDI DIPLOMA 4 ANGKATAN VIII
TEKNIK
TELEKOMUNIKASI MILITER
SEMESTER
III
TAHUN
2024
PERCOBAAN 7
MEMBUAT SKEMA PATROLI
MENGGUNAKAN DELPHI XE 8
1. Tujuan :
Agar Bamasis mampu membuat skema patroli menggunakan Delphi XE 8
2. Alat dan Bahan :
a. Laptop
b. Aplikasi Delphi
c. Tshape
d. Tbutton
e. Timage
f. Tedit
3. Dasar Teori :
a. Tshape adalah salah satu komponen visual dalam Delphi yang digunakan untuk menggambar bentuk geometris sederhana seperti persegi panjang, lingkaran, elips, atau garis di dalam sebuah form atau container lainnya. TShape sangat berguna untuk membuat elemen visual yang sederhana.
b. TButton digunakan untuk membuat tombol (button) di antarmuka pengguna. TButton memungkinkan pengguna untuk memicu suatu aksi atau perintah ketika tombol tersebut diklik. Tombol sangat berguna dalam aplikasi Delphi untuk menjalankan berbagai macam perintah.
d. T Edit Dalam Delphi 8, fungsi t edit
biasanya merujuk pada komponen TEdit, yang digunakan untuk membuat kontrol
input teks di antarmuka pengguna. Komponen ini memungkinkan pengguna untuk
mengetikkan teks atau memodifikasi teks yang sudah ada.
4. Langkah-langkah Percobaan
a. Flowchart
b. Coding
unit Unit1;
interface
uses
Winapi.Windows, Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants, System.Classes, Vcl.Graphics,
Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs, Vcl.StdCtrls, Vcl.ExtCtrls,
Vcl.Imaging.pngimage;
type
TForm1 = class(TForm)
Image1: TImage;
Shape1: TShape;
Shape2: TShape;
Shape3: TShape;
Shape4: TShape;
Shape5: TShape;
Shape6: TShape;
Shape7: TShape;
Shape8: TShape;
Shape9: TShape;
Shape10: TShape;
Shape11: TShape;
Shape12: TShape;
Shape13: TShape;
Shape14: TShape;
Shape15: TShape;
Shape16: TShape;
Shape17: TShape;
Shape18: TShape;
Shape19: TShape;
Shape20: TShape;
Shape21: TShape;
Shape22: TShape;
Shape23: TShape;
Shape24: TShape;
Shape25: TShape;
Shape26: TShape;
Shape27: TShape;
Shape28: TShape;
Shape29: TShape;
Shape30: TShape;
Shape31: TShape;
Shape32: TShape;
Shape33: TShape;
Shape34: TShape;
Shape35: TShape;
Shape36: TShape;
Edit1: TEdit;
Button1: TButton;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
if edit1.text='11' then
begin
shape1.Visible:=true; shape2.visible:=false; shape3.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='12' then
begin
shape1.Visible:=false; shape2.visible:=true; shape3.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='13' then
begin
shape1.Visible:=false; shape2.visible:=false; shape3.Visible:=true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='21' then
begin
shape4.Visible:=true; shape5.visible:=false; shape6.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='22' then
begin
shape4.Visible:=false; shape5.visible:=true; shape6.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='23' then
begin
shape4.Visible:=false; shape5.visible:=true; shape6.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='31' then
begin
shape7.Visible:=true; shape8.visible:=false; shape9.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='32' then
begin
shape7.Visible:=false; shape8.visible:=true; shape9.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='33' then
begin
shape7.Visible:=false; shape8.visible:=false; shape9.Visible:=true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='41' then
begin
shape10.Visible:=true; shape11.visible:=false; shape12.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='42' then
begin
shape10.Visible:=false; shape11.visible:=true; shape12.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='43' then
begin
shape10.Visible:=false; shape11.visible:=false; shape12.Visible:=true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='51' then
begin
shape13.Visible:=true; shape14.visible:=false; shape15.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='52' then
begin
shape13.Visible:=false; shape14.visible:=true; shape15.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='53' then
begin
shape13.Visible:=false; shape14.visible:=false; shape15.Visible:=true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='61' then
begin
shape16.Visible:=true; shape17.visible:=false; shape18.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='62' then
begin
shape16.Visible:=false; shape17.visible:=true; shape18.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='63' then
begin
shape16.Visible:=false; shape17.visible:=false; shape18.Visible:=true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='71' then
begin
shape19.Visible:=true; shape20.visible:=false; shape21.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='72' then
begin
shape19.Visible:=false; shape20.visible:=true; shape21.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='73' then
begin
shape19.Visible:=false; shape20.visible:=false; shape21.Visible:=true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='81' then
begin
shape22.Visible:=true; shape23.visible:=false; shape24.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='82' then
begin
shape22.Visible:=false; shape23.visible:=true; shape24.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='83' then
begin
shape22.Visible:=false; shape23.visible:=false; shape24.Visible:=true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='91' then
begin
shape25.Visible:=true; shape26.visible:=false; shape27.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='92' then
begin
shape25.Visible:=false; shape26.visible:=true; shape27.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='93' then
begin
shape25.Visible:=false; shape26.visible:=false; shape27.Visible:=true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='101' then
begin
shape28.Visible:=true; shape29.visible:=false; shape30.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='102' then
begin
shape28.Visible:=false; shape29.visible:=true; shape30.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='103' then
begin
shape28.Visible:=false; shape29.visible:=false; shape30.Visible:=true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='111' then
begin
shape31.Visible:=true; shape32.visible:=false; shape33.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='112' then
begin
shape31.Visible:=false; shape32.visible:=true; shape33.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='113' then
begin
shape31.Visible:=false; shape32.visible:=false; shape33.Visible:=true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='121' then
begin
shape34.Visible:=true; shape35.visible:=false; shape36.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='122' then
begin
shape34.Visible:=false; shape35.visible:=true; shape36.Visible:=false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='123' then
begin
shape34.Visible:=false; shape35.visible:=false; shape36.Visible:=true;
edit1.Text:='';
end;
end;
end.
5. Hasil dan Pembahasan
a. Hasil
b. Pembahasan
1) TImage adalah komponen visual yang digunakan untuk menampilkan gambar pada form. Komponen ini memungkinkan gambar dari berbagai format (seperti BMP, JPG, PNG, dan GIF) ditampilkan dalam aplikasi.
2) Tshape adalah salah satu komponen visual dalam Delphi yang digunakan untuk menggambar bentuk geometris sederhana seperti persegi panjang, lingkaran, elips, atau garis di dalam sebuah form atau container lainnya. TShape sangat berguna untuk membuat elemen visual yang sederhana.
3)
TButton
digunakan untuk membuat tombol (button) di antarmuka pengguna. TButton
memungkinkan pengguna untuk memicu suatu aksi atau perintah ketika tombol
tersebut diklik. Tombol sangat berguna dalam aplikasi Delphi untuk menjalankan
berbagai macam perintah.
6. Kesimpulan
Dengan memanfaatkan komponen TImage,
TShape, dan TButton, sebuah aplikasi
untuk mengelola proses produksi, seperti pabrik dodol, dapat dikembangkan
dengan mudah dan efektif. TImage digunakan untuk menampilkan visualisasi proses
atau status produksi secara real-time, sementara TShape membantu memvisualisasikan
elemen-elemen penting dalam proses produksi, seperti wadah, alur produksi, atau
indikator visual lainnya. TButton berfungsi sebagai kontrol bagi pengguna untuk
memulai, menghentikan, atau mengatur ulang proses.
Aplikasi yang dirancang dengan komponen
ini mampu menghentikan proses secara otomatis jika ukuran atau parameter yang
diatur tidak sesuai dengan yang diprogram, sehingga menghindari kesalahan
produksi. Hal ini membuat sistem menjadi lebih andal dan efisien. Penggunaan
komponen-komponen tersebut memungkinkan tercapainya kecepatan, ketepatan,
efektivitas, dan efisiensi dalam produksi dodol atau proses produksi lainnya.
Dengan demikian, sistem ini sangat cocok diterapkan dalam lingkungan industri
yang membutuhkan kontrol otomatis untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas
produksi secara optimal.