POLTEKAD KODIKLATAD
JURUSAN TELEKOMUNIKASI
MEMBUAT APLIKASI SUMBU X DAN Y
MENGGUNAKAN PIKSEL PADA DELPI XE8
Disusun Oleh :
Sertu
Mohamad Andryan Prabowo NIM
202308023-E
PROGRAM
STUDI DIPLOMA 4 ANGKATAN VIII
TEKNIK TELEKOMUNIKASI
MILITER
SEMESTER
III
TAHUN 2024
Batu, Oktober 2024
PERCOBAAN 9
MEMBUAT APLIKASI SUMBU X DAN Y
MENGGUNAKAN PIKSEL
PADA DELPI XE8
1.
Tujuan : Agar Bamasis mampu membuat aplikasi
sumbu x dan y menggunakan piksel pada delpi xe8
2. Alat dan Bahan :
a.
Laptop
b.
Aplikasi
Delphi
c.
Tshape
d.
Tbutton
e.
Timage
f.
Tedit
e. Snd Playsound
3. Dasar Teori :
a. TButton digunakan untuk membuat tombol (button)
di antarmuka pengguna. TButton memungkinkan pengguna untuk memicu suatu aksi
atau perintah ketika tombol tersebut diklik. Tombol sangat berguna dalam
aplikasi Delphi untuk menjalankan berbagai macam perintah.
b. TImage merujuk pada komponen atau
kontrol yang digunakan untuk menampilkan dan mengelola gambar dalam aplikasi.dengan
format .jpg, .gif, .bmp dan sebagainya. Komponen Image terdapat pada Tab
Additional.
c.
T
Edit Dalam Delphi 8, fungsi t edit biasanya merujuk pada komponen TEdit, yang
digunakan untuk membuat kontrol input teks di antarmuka pengguna. Komponen ini
memungkinkan pengguna untuk mengetikkan teks atau memodifikasi teks yang sudah
ada.
TEKNIK TELEKOMUNIKASI MILITER
SEMESTER III
TAHUN 2024
PERCOBAAN 9
MEMBUAT APLIKASI SUMBU X DAN Y
b. Coding
unit Unit1;
interface
uses
Winapi.Windows,
Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants, System.Classes,
Vcl.Graphics,
Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs,
Vcl.StdCtrls, Vcl.ExtCtrls;
type
TForm1 = class(TForm)
Edit1: TEdit;
Edit2: TEdit;
Image1: TImage;
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Button1: TButton;
Button2: TButton;
Button3: TButton;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
procedure Button2Click(Sender: TObject);
procedure Button3Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure
TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var X:integer;
begin
{menyiapkan warna
pen}
image1.Canvas.Pen.Color:=clred;
{tebal pen}
image1.Canvas.pen.Width:=5;
{sumbu y}
image1.Canvas.moveto(500,10);
image1.Canvas.lineto(500,700);
{sumbu x}
image1.Canvas.moveto(10,250);
image1.Canvas.lineto(1000,250);
image1.Canvas.pen.color:=clblue;
image1.Canvas.pen.style:=pssolid;
image1.Canvas.Brush.color:=clblue;
image1.Canvas.Brush.Style:=bssolid;
image1.Canvas.ellipse(490,240,510,260);
image1.Canvas.font.color:=clyellow;
image1.Canvas.font.size:=20;
image1.Canvas.Textout(505,260,'0;0');
image1.Canvas.Textout(505,10,'Y');
image1.Canvas.Textout(10,235,'X');
end;
procedure
TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
var
x,a,F:integer; Y:real;
begin
image1.Picture:=nil;
for a := 1 to
1000 do
begin
X:= STRTOINT(EDIT1.Text);
F:= STRTOINT(EDIT2.Text);
form1.image1.Canvas.pen.color:=clblue;
//image1.Canvas.pen.style:=pssolid;
Y:=
sin(a*pi/180*F)*X;
form1.image1.Canvas.Pixels[X+a,
250-round(y)]:=clblue;
//image1.Canvas.ellipse(X+a,240-round(y),X+10+a,260-round(y));
//image1.Canvas.Brush.color:=clblue;
//image1.Canvas.Brush.Style:=bssolid;
//image1.Canvas.ellipse(320+X,200,350+X,300);
end;
end;
procedure
TForm1.Button3Click(Sender: TObject);
var
X,a,F:integer; Y:real;
begin
image1.Picture:=nil;
for a := 1 to
1000 do
begin
X:= STRTOINT(EDIT1.Text);
F:= STRTOINT(EDIT2.Text);
image1.Canvas.pen.color:=clblue;
//image1.Canvas.pen.style:=pssolid;
//image1.Canvas.Brush.color:=clblue;
//image1.Canvas.Brush.Style:=bssolid;
Y:=sin(a*pi/180*F)*X;
image1.Canvas.ellipse(X+a,240-round(Y),X+10+a,260-round(y));
end;
end;
end.
5. Hasil dan Pembahasan
a. Hasil
b. Pembahasan
1) TImage adalah komponen visual yang digunakan untuk menampilkan gambar pada form. Komponen ini memungkinkan gambar dari berbagai format (seperti BMP, JPG, PNG, dan GIF) ditampilkan dalam aplikasi.
2) TButton digunakan untuk membuat tombol (button) di antarmuka pengguna. TButton memungkinkan pengguna untuk memicu suatu aksi atau perintah ketika tombol tersebut diklik. Tombol sangat berguna dalam aplikasi Delphi untuk menjalankan berbagai macam perintah.
3) T Edit Dalam Delphi 8, fungsi t edit biasanya merujuk pada komponen TEdit, yang digunakan untuk membuat kontrol input teks di antarmuka pengguna
4)
Tlabel
adalah komponen visual yang digunakan untuk menampilkan teks statis atau
dinamis di antarmuka pengguna. TLabel sering digunakan untuk memberikan
keterangan atau deskripsi singkat tentang elemen lain di form, seperti input
field atau tombol.
6. Kesimpulan
Dengan menggunakan Timage, Shape, Button, Edit dan Tlabel pada Delpi XE 8 dapat berfungsi sebagai pembuatan aplikasi sumbu x dan y sesuai dengan amplitudo dan frekuensi yang kita buat sehingga akan muncul garis dan gelombang longitudinal.