PERCOBAAN 9 MEMBUAT APLIKASI SUMBU X DAN Y MENGGUNAKAN PIKSEL PADA DELPI XE8

     POLTEKAD KODIKLATAD
JURUSAN TELEKOMUNIKASI



                       MEMBUAT APLIKASI SUMBU X DAN Y
                    MENGGUNAKAN PIKSEL PADA DELPI XE8






Disusun Oleh :

Sertu Mohamad Andryan Prabowo               NIM 202308023-E



PROGRAM STUDI DIPLOMA 4 ANGKATAN VIII
TEKNIK TELEKOMUNIKASI MILITER
SEMESTER III
TAHUN 2024


Batu,               Oktober  2024



PERCOBAAN 9

MEMBUAT APLIKASI SUMBU X DAN Y

MENGGUNAKAN PIKSEL PADA DELPI XE8


1.   Tujuan : Agar Bamasis mampu membuat aplikasi sumbu x dan y menggunakan piksel pada delpi xe8

 

2. Alat dan Bahan : 

        a.       Laptop

        b.       Aplikasi Delphi

        c.       Tshape

        d.       Tbutton

        e.       Timage

        f.         Tedit

 e.    Snd Playsound


3. Dasar Teori :

a.    TButton digunakan untuk membuat tombol (button) di antarmuka pengguna. TButton memungkinkan pengguna untuk memicu suatu aksi atau perintah ketika tombol tersebut diklik. Tombol sangat berguna dalam aplikasi Delphi untuk menjalankan berbagai macam perintah.



b.     TImage merujuk pada komponen atau kontrol yang digunakan untuk menampilkan dan mengelola gambar dalam aplikasi.dengan format .jpg, .gif, .bmp dan sebagainya. Komponen Image terdapat pada Tab Additional.





c.     T Edit Dalam Delphi 8, fungsi t edit biasanya merujuk pada komponen TEdit, yang digunakan untuk membuat kontrol input teks di antarmuka pengguna. Komponen ini memungkinkan pengguna untuk mengetikkan teks atau memodifikasi teks yang sudah ada.





d.    Tlabel adalah komponen visual yang digunakan untuk menampilkan teks statis atau dinamis di antarmuka pengguna. TLabel sering digunakan untuk memberikan keterangan atau deskripsi singkat tentang elemen lain di form, seperti input field atau tombol.




4. Langkah-langkah Percobaan

a.    Flowchart




b.    Coding

            

    unit Unit1;

 

interface

 

uses

  Winapi.Windows, Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants, System.Classes, Vcl.Graphics,

  Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs, Vcl.StdCtrls, Vcl.ExtCtrls;

 

type

  TForm1 = class(TForm)

    Edit1: TEdit;

    Edit2: TEdit;

    Image1: TImage;

    Label1: TLabel;

    Label2: TLabel;

    Button1: TButton;

    Button2: TButton;

    Button3: TButton;

    procedure Button1Click(Sender: TObject);

    procedure Button2Click(Sender: TObject);

    procedure Button3Click(Sender: TObject);

  private

    { Private declarations }

  public

    { Public declarations }

  end;

 

var

  Form1: TForm1;

 

implementation

 

{$R *.dfm}

 

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);

var X:integer;

begin

{menyiapkan warna pen}

image1.Canvas.Pen.Color:=clred;

{tebal pen}

image1.Canvas.pen.Width:=5;

{sumbu y}

 image1.Canvas.moveto(500,10);

 image1.Canvas.lineto(500,700);

 {sumbu x}

image1.Canvas.moveto(10,250);

 image1.Canvas.lineto(1000,250);

 

 image1.Canvas.pen.color:=clblue;

 image1.Canvas.pen.style:=pssolid;

 image1.Canvas.Brush.color:=clblue;

 image1.Canvas.Brush.Style:=bssolid;

 image1.Canvas.ellipse(490,240,510,260);

 image1.Canvas.font.color:=clyellow;

 image1.Canvas.font.size:=20;

 image1.Canvas.Textout(505,260,'0;0');

 image1.Canvas.Textout(505,10,'Y');

 image1.Canvas.Textout(10,235,'X');

 

end;

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);

var x,a,F:integer;   Y:real;

begin

 image1.Picture:=nil;

for a := 1 to 1000 do

begin

  X:= STRTOINT(EDIT1.Text);

  F:= STRTOINT(EDIT2.Text);

 

form1.image1.Canvas.pen.color:=clblue;

 //image1.Canvas.pen.style:=pssolid;

Y:= sin(a*pi/180*F)*X;

form1.image1.Canvas.Pixels[X+a, 250-round(y)]:=clblue;

//image1.Canvas.ellipse(X+a,240-round(y),X+10+a,260-round(y));

 

 

 

 //image1.Canvas.Brush.color:=clblue;

 //image1.Canvas.Brush.Style:=bssolid;

 //image1.Canvas.ellipse(320+X,200,350+X,300);

 

end;

 

end;

 

procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject);

var X,a,F:integer;   Y:real;

begin

 image1.Picture:=nil;

for a := 1 to 1000 do

begin

 X:= STRTOINT(EDIT1.Text);

 F:= STRTOINT(EDIT2.Text);

 

image1.Canvas.pen.color:=clblue;

 //image1.Canvas.pen.style:=pssolid;

 //image1.Canvas.Brush.color:=clblue;

 //image1.Canvas.Brush.Style:=bssolid;

Y:=sin(a*pi/180*F)*X;

image1.Canvas.ellipse(X+a,240-round(Y),X+10+a,260-round(y));

end;

end;


end.


5. Hasil dan Pembahasan

    a.    Hasil 




        b.       Pembahasan 

        1)               TImage adalah komponen visual yang digunakan untuk menampilkan gambar pada form. Komponen ini memungkinkan gambar dari berbagai format (seperti BMP, JPG, PNG, dan GIF) ditampilkan dalam aplikasi.

        2)               TButton digunakan untuk membuat tombol (button) di antarmuka pengguna. TButton memungkinkan pengguna untuk memicu suatu aksi atau perintah ketika tombol tersebut diklik. Tombol sangat berguna dalam aplikasi Delphi untuk menjalankan berbagai macam perintah.

        3)               T Edit Dalam Delphi 8, fungsi t edit biasanya merujuk pada komponen TEdit, yang digunakan untuk membuat kontrol input teks di antarmuka pengguna

        4)               Tlabel adalah komponen visual yang digunakan untuk menampilkan teks statis atau dinamis di antarmuka pengguna. TLabel sering digunakan untuk memberikan keterangan atau deskripsi singkat tentang elemen lain di form, seperti input field atau tombol.


6. Kesimpulan

    Dengan menggunakan Timage, Shape, Button, Edit dan Tlabel  pada Delpi XE 8 dapat berfungsi sebagai pembuatan aplikasi sumbu x dan y sesuai dengan amplitudo dan frekuensi yang kita buat sehingga akan muncul garis dan gelombang longitudinal.